Saturday, June 15, 2013

Capture The Moment : Full Documentation? Cinematic Video? Wedding Trailer (Highlights)?

Saturday, June 15, 2013
What's the different??? Nah buat yang masih bingung sama istilah-istilah di atas dalam menyeleksi vendor photo dan video, mungkin penjelasan di bawah ini bisa sedikit membantu. Semoga bermanfaat.

Full documentation adalah merekam seluruh kejadian dari awal sampai akhir. Biasanya menggunakan kamera standard untuk liputan, yaitu Sony PD (saya kurang hafal hehe). Gambar yang dihasilkan flat. Tidak seperti menggunakan kamera SLR. Ini ada salah satu contoh full documentation dari vendor di Bali:


Sumber : Visual Bali

Cinematic video adalah video yang hasilnya seperti kita nonton film, pengambilan gambar dengan angle yang berbeda, sudah di edit dan biasanya diiringi oleh backsound/lagu. Durasi tergantung yang ditawarkan oleh vendor. Pada umumnya durasinya dibagi per chapter. 1 chapter kurang lebih 5 menit. Namun, ada juga yang 30-40 menit seperti film beneran. Dari segi harga, cinematic video ini lebih mahal daripada full documentation. Karena kamera yang digunakan biasanya adalah DSLR. Selain itu pengerjaannya juga lebih kompleks. Keunggulan dari cinematic video ini adalah nilai artistik dari moment yang terekam. Gambar yang dihasilkan lebih artistik, karena kita bisa memainkan fokus dan bokeh sebokeh-bokehnya (ini bercanda, maksudnya bisa bikin fokus dengan bokeh (blur) yang ciamik). Ibarat di film, kita sedang berlari slow motion diiringi lagu The Chariots of Fire dengan moving kamera  yang di unzoom perlahan dari muka yang ekspresif sampai akhirnya terlihat kita sedang berlari di pinggir pantai yang berderu ombak (?), seperti itulah rekaman adegan yang dilihat mata, lagu yang didengar di kuping dan motion serta feeling yang kita rasakan dari keduanya *mantab!

Sumber: Visual Bali

Untuk lebih lengkap pembahasan mengenai perbedaan cinematic video dengan video biasa bisa dilihat di sini.

Trailer (highlights) adalah short movie/ringkasan video, bisa dari hasil cinematic/full documentation (-CMIIW). Durasi selayaknya trailer sekitar 2-3.5 menit. Yang dihasilkan oleh trailer ini adalah highlights moments dari seluruh acara. Trailer ini adalah highlights moment-moment (moment- moment yang penting) dari kedua chapter tersebut.

Kenapa kok suka bingung dan kenapa disediain tiga pilihan seperti ini?
Jaman sudah semakin canggih. Mungkin dulu full documentation dianggap cukup. Sekarang, biasanya, untuk generasi muda (termasuk saya) menganggap full documentation itu membosankan dan bikin ngantuk. Kita lebih suka yang singkat, intinya sudah ada semua dan dikemas dengan bagus dan menyentuh (ibarat kita pingin nonton suatu film, biasanya menilai dari trailernya untuk mendapatkan sedikit gambaran mengenai inti cerita film tersebut). Namun, hal ini biasanya belum berlaku di generasi tua macam orangtua kita. Mereka lebih senang menonton full doc dibandingkan dengan cinematic video, apalagi trailer. Terlebih lagi, ketika mereka mengetahui perbedaan harga diantaranya. Wakwak... bingung deh *pegangan! :P

Bagaimana? Saya harap sudah jelassss, happy hunting!

No comments:

Post a Comment

Design by saturday love sunday